ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5


"Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dari masukan bapak-bapak sekalian yang ada disini bisa menjadikan langkah-langkah untuk KPID kedepan walaupun masa-masa ini KPID masih menunggu pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran” Tutur Komisioner KPID Jawa Tengah (Jateng) Sonakha Yuda Laksana saat memandu Focus Group Discussion (FGD) Kajian Analisa Hasil Pemantauan Penyiaran diselenggarakan oleh KPID Jateng bertema “Mewujudkan Siaran Jurnalistik yang Mencerahkan” di Safin Hotel Pati, Selasa (12/12/2017).

Beberapa pihak dilibatkan dalam FGD tersebut guna mendapatkan masukan yang luas dalam mewujudkan siaran jurnalistik yang mencerahkan. Hadir pada FGD tersebut sejumlah perwakilan dari jurnalis, akademisi, pers mahasiswa, tokoh masyarakat, dan Kumpulan Anak Asli Pati (KAAP). Mereka merefleksikan beberapa yang dirasa menjadi masalah dan perlu untuk dibenahi pada suatu media khususnya media penyiaran televisi dan Radio.

Dalam FGD tersebut, menghasilkan enam rekomendasi yang disarankan kepada KPID.
Pertama, program jurnalistik di media lokal lebih disarankan untuk mengeksplorasi kearifan lokal.
Kedua, konten jurnalistik perlu lebih mengedepankan edukasi masyarakat, seperti menangkal radikalisme, pendidikan anak, dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
Ketiga, keberimbangan dan netralitas konten berita harus dimulai dari peningkatan kompetensi jurnalis, khususnya dalam pembentukan pelatihan dan sertifikasi.

Keempat, media edukatif  juga perlu untuk dikemas lebih menarik agar diminati masyarakat.
Kelima, pendidikan jurnalistik perlu diberikan kepada kalangan pelajar berkaitan dengan sosialisasi anti hoax dan pengenalan dunia jurnalistik
Keenam, siaran berita di televisi perlu diawasi lebih intensif dan cermat karena banyak beredar hoax akibat tindakan melebih-lebihkan fakta. (fiq)

About kang obet

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top